Ulang Tahun Saya Dalam Angka

Medan, 08-06-2011. 11.53 PM (23.53 WIB)
Ketika jarum jam tepat menunjuk angka 12 di malam ini, maka hari pun telah berganti.  1 hari yang mungkin biasa saja bagi sebagian Anda, namun sungguh berarti dan penuh makna bagi saya.  Kini usia fisik saya telah bertambah menjadi 28 tahun.  Angka yang tidak terlalu besar namun terasa sangat lama mencapainya.  Penuh dengan cerita, perjuangan, dan kesan.  Terima kasih kepada semua orang yang datang dan pergi dalam kehidupan saya selama 28 tahun tinggal di dunia.  Atas segala cerita dan kenangan yang telah tersaji dan membingkai perjalanan hidup saya.  Teristimewa untuk kedua orang tua yang selalu menyertai perjalanan hidup saya.  Sesungguhnya tak ada bingkisan, hadiah, ataupun kado yang lebih indah dan bermakna dibandingkan dengan untaian kisah perjalanan yang tidak akan terlupakan bersama dengan orang-orang tersayang.  TERIMA KASIH. (12.00 AM / 24.00 WIB)
================================================================
Ulang Tahun Saya Dalam Angka

Berikut akan saya paparkan data-data unik mengenai angka-angka yang penuh makna di hari ulang tahun saya ke-28.  Tingkat akurasinya memang tidak sampai 100% tapi tetap melalui proses perhitungan yang sedikit rumit.  Angka-angka di bawah ini membuktikan bahwa ucapan ’selamat ulang tahun’ dan segala doa dan harapan Anda kepada saya memang sangat berarti dan begitu bermakna.  Inilah ulang tahun saya dalam angka:

08-06-1983 (dibaca: 8 Juni 1983) = Tanggal saya dilahirkan ke dunia ini.  Tepatnya hari Rabu pukul 03.45 WIB.

28 = Usia saya saat berulang-tahun tepat di tanggal 08-06-2011.

494 (28 (15+13) + 466) = Jumlah orang yang ada di friend list / daftar teman di Facebook saya28 orang saya hapus dari daftar teman karena tidak aktif atau mempunyai profil Facebook aktif tetapi tidak mengucapkan ’selamat ulang tahun’ untuk saya.  Dari ke-28 orang tersebut, 15 orang berjenis kelamin wanita, dan 13 orang pria.  466 adalah jumlah terbaru teman-teman saya saat blog ini dibuat.

466 (155 + 311(28+283)) = Jumlah teman yang ada di friend list Facebook saya saat ini blog ini dibuat.  155 adalah mereka yang mengucapkan ’selamat ulang tahun’, termasuk  keluarga, sahabat, pasangan, dan teman, baik mengucapkan secara langsung, maupun dari telepon, SMS, dan Facebook.  Saya pastikan mereka masuk dalam daftar orang-orang istimewa bagi saya.  311 adalah mereka yang tidak mengucapkan ’selamat ulang tahun’ untuk saya, 28 diantaranya saya hapus dari daftar teman, dan sisanya (283) adalah teman-teman saya di dunia nyata atau teman-teman baru.

12.02 AM (00.02 WIB) = Jam pertama kali saya mendapatkan ucapan ’selamat ulang tahun’ di hari ulang tahun saya ke-28 yang datang dari seorang sahabat baik saya: Slamet Joko Budiyono (matur nuwun, cok!  Hehe…!!!).

23 = Bermacam doa yang saya terima saat berulang-tahun ke-28 dari keluarga, sahabat, pasangan, dan teman-teman.  Ke-23 macam doa tersebut berasal dari sekian banyak orang yang menginginkan saya menjadi lebih baik, yaitu:
  • 18 = Jumlah doa supaya segala keinginan, cita-cita, impian, dan harapan saya terkabulkan.  Aamiin;
  • 57 = Jumlah doa supaya saya selalu sukses dalam segala hal.  Aamiin;
  • 22 = Jumlah doa supaya saya selalu sehat.  Aamiin;
  • 37 = Jumlah doa tentang umur/usia saya, termasuk panjang umur dan usia yang berkah.  Aamiin;
  • 31 = Jumlah doa agar saya segera menikah atau cepat mendapatkan jodoh/pasangan hidup (kalau yang ini saya bingung harus di-aamiin-kan atau tidak.  Hehe…!!!);
  • 23 = Jumlah doa agar saya selalu dilimpahkan rezeki.  Aamiin;
  • 29 = Jumlah doa agar saya selalu mendapatkan yang terbaik (sepertinya ini doa yang paling umum diucapkan saat momen ulang tahun).  Aamiin;
  • 3 = Jumlah doa agar saya selalu dalam lindungan Allah SWT.  Aduh, doa begini penting, kenapa hanya 3 orang?  Aamiin;
  • 1 = Hanya seorang yang mendoakan agar saya selalu menyayangi orang-orang terdekat saya, yaitu pasangan saya: Epi Friesta Dewi.  Aamiin;
  • 2 = Dua orang yang mendoakan supaya saya menjadi lebih baik dan matang dalam menjalani kehidupan.  Aamiin;
  • 3 = Jumlah doa agar saya tetap bisa menjadi teladan dan panutan yang baik bagi orang lain.  Senangnya bisa bermanfaat bagi orang lain. Aamiin;
  • 2 = Dua orang mendoakan agar saya makin cakep (Hoho…, ini bukan narsis lho!).  Aamiin;
  • 5 = Lima orang mendoakan agar saya selalu senang/bahagia.  Aamiin;
  • 8 = Ada 8 macam doa tentang religi, antara lain mendoakan saya selalu berada di jalan yang lurus, taqwa, bertobat, soleh, dan selamat dunia-akhirat.  Aamiin;
  • 6 = Jumlah doa agar saya dimudahkan dalam berbagai urusan.  Aamiin;
  • 2 = Jumlah orang yang mendoakan saya selalu bersabar.  Mungkin ini lebih cocok ditujukan untuk ’saudara kembar’ saya.  Aamiin;
  • 2 = Jumlah orang yang mendoakan agar saya bertambah segalanya (sayangnya tidak dijelaskan lebih rinci bertambah apa, semoga saja bertambah semua yang baik dan positif).  Aamiin;
  • 1 = Hanya seorang yang mendoakan agar saya tetap menjadi pribadi yang low profile (rendah hati), yaitu sahabat saya: Elza AmeliaAamiin;
  • 1 = Seorang pula yang mengharapkan saya selalu menjadi diri saya sendiri (be myself).  Masih dari sahabat saya: Elza AmeliaAamiin;
  • 1 = Elza Amelia juga mengharapkan saya tetap bijak dalam mengambil sebuah keputusan.  Aamiin;
  • 1 = Hanya seorang yang mengharapkan saya tetap smart.  Coba tebak: Ya, masih berasal dari orang yang sama seperti ketiga doa di atas.  Aamiin;
  • 1 = Sahabat saya yang juga seorang metalhead (penggila musik metal): Stevano Subandhi, malah mendoakan agar rambut saya makin gondrong.  Mungkin dia teringat saat kami masih bersama-sama gabung di komunitas band hardcore semasa SMU dulu, BRISICKThank you, Brother… nanti kapan-kapan kita hancurkan panggung lagi.  Yeah, brings back the old memories, kick some motherfuckers’ ass!
  • 1 = Seorang gak nyambung, yaitu adik pertama saya: Aldino, yang malah mengucapkan ‘happy new year’.  Gggrrrr…!!!!  Ngajakin berantem tuh kayaknya!
================================================================

Dari 23 macam doa di atas, sepertinya paling banyak adalah doa tentang kesuksesan saya.  Ya, paling tidak ini menjadi bukti bahwa karir saya berhasil mengalihkan isu bahwa saya seorang pria mapan yang masih lajang.  Jumlah doa supaya saya segera menikah masih kalah banyak dengan jumlah doa agar saya semakin sukses (31:57).  Bagaimanapun juga, terima kasih banyak untuk Anda yang telah membuat hari ulang tahun saya kali ini lebih berarti dan semakin menyadari bahwa ternyata saya masih dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dengan saya.

Selain itu, jumlah teman di Facebook saya yang mengucapkan ’selamat ulang tahun’ dibandingkan dengan jumlah keseluruhan juga membuktikan kebenaran sebuah penelitian yang dilakukan oleh Robin Dunbar—seorang profesor Antropologi Evolusi asal University of Oxford berkebangsaan Inggris—yang dipublikasikan oleh harian Inggris The Telegraph tanggal 24 Januari 2010 dengan judul “Facebook friends are virtual, finds Oxford University study“.

Robin Dunbar mengatakan kita hanya bisa mengelola sekitar 150 teman dari sekian banyak teman di Facebook.  Kita bisa memiliki 1.500 ‘teman’ di Facebook, tapi sebenarnya kita hanya berinteraksi dengan teman-teman tertentu dan itu-itu saja.  Ya, lebih baik mempunyai sedikit teman yang nyata daripada mengkoleksi banyak orang tak berguna di Facebook.  Itu juga alasan bagi saya untuk selalu memilah calon ‘teman’ baru yang mengirimkan permintaan pertemanan (friend request).   Jika saya menemukan sesuatu yang negatif pada kolom info-nya, atau justru saya tidak bisa melihat apapun karena disetel privasi, maka sudah pasti saya akan menolak permintaannya (ignore).  Bukan karena saya sombong, tapi ini juga sangat berguna untuk melindungi orang-orang terdekat saya di Facebook dari orang-orang yang tak bertanggungjawab.  Jadi, publikasikan saja hal-hal yang baik dan biarkan orang lain melihatnya.

Di hari ultah saya ke-28 ini, saya juga mendapatkan kejutan dari pasangan saya yang tiba-tiba mengantar kue ulang tahun ke kantor di siang hari.  Jadinya bisa makan bersama rekan-rekan kerja saya.  Selain itu, saya juga mendapatkan kado berupa sepasang sepatu kasual dan kaos kaki olahraga.  Ya, lumayan buat nambah koleksi sepatu saya dan berganti gaya.  Alhamdulillah!
Kue ulang tahun ke-28
kue ultah saya ke-28 dari pasangan

Sepatu kado ulang tahun ke-28
kado ultah saya ke-28 dari pasangan berupa sepasang sepatu kasual & kaos kaki olahraga

Tapi seperti yang saya katakan di atas, hadiah terindah dan paling berkesan bagi saya adalah saat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat.  Mensyukuri setiap saat-saat kebersamaan bersama mereka dan menikmati senyum mereka selama masih bisa.  Alhamdulillah!

Salam hangat dan terima kasih,
Arisandy Joan Hardiputra



 ARISANDY JOAN HARDIPUTRA /CECEN CORE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hours: Film Terakhir Paul Walker yang Menginspirasi Ayah; Sebuah Resensi

Takdirmu Tidak Akan Melewatkanmu

Pengalaman Liburan ke Ancol dan Menginap di Discovery Hotel and Convention